Akankah Bisnis Kaos ini Menjadi Scam? Penipuan? Sensasi Sesaat?
Itu adalah pertanyaan pertama yang terlintas di benak beberapa teman
ketika mendengar kami ingin menjalankan bisnis kaos dakwah ini.
Kami sangat maklum akan pertanyaan tersebut, mengingat saking
banyaknya peluang bisnis yang tersebar di dunia maya berakhir pada
kegagalan. Masih untung kalau bangkrutnya karena model bisnis yang
memang tidak bertahan lama (seperti bisnis makanan kekinian),
atau karena ada kompetitor yang lebih baik (seperti ojek vs gojek),
maupun karena trend pasarnya yang sudah berubah (beberapa produk sudah
tidak laku dijual lagi sekarang).
Nyatanya, memang banyak bisnis yang sengaja dirancang untuk menipu
dan mengeruk uang orang lain (penipuan/scam). Bisnis seperti inilah yang
akhirnya lebih heboh menyebar ke masyarakat kita, yang juga suka
hal-hal instan seperti; ingin kaya mendadak.
Tetapi, ada beberapa alasan yang membuat kami YAKIN bahwa bisnis kaos
dakwah ini akan bertahan lebih lama. Tetapi sebelumnya kami ingin
menyamakan frekuensi dulu dengan anda ya...
Mengapa Kami Sebut Bisnis Kaos Dakwah?
Karena masih banyak teman-teman yang alergi dengan kata bisnis yang digabung dengan dakwah. Beberapa malah menganggap ini berbahaya, karena mencampurkan usaha/bisnis dengan dakwah.
Bagi kami, usaha dan dakwah haruslah sejalan. Diluar masalah niat
yang memang tidak bisa diukur kedalamannya (cukup Allah saja yang tahu).
Tapi kami meyakini bahwa bisnis, sejatinya adalah bentuk nyata dari
penghambaan kita kepada Allah.
Bisnis diambil dari kata business, yang salah satu artinya
adalah: mengurus, mengerjakan, membuat. Artinya bisnis adalah pekerjaan
mengurus hajat orang lain. Dengan mengurus dan menyediakan kebutuhan
orang lain. Maka kita telah menjadi orang yang bermanfaat bagi orang
lain. Dan sebaik orang adalah yang paling banyak manfaatnya bagi umat
manusia.
Karena itulah definisi menjadi khalifatullah, 'Pengganti' Allah di muka bumi, menurut kami.
Mungkin pendapat kami tidak sesuai dengan pendapat anda, tapi itu wajar dan kita bahas di lain waktu kalau bertemu.
Lalu, Apa Yang Akan Membuat Bisnis Kaos Ini Bertahan LEBIH Lama?
Jujur, kami tidak berani berjanji muluk-muluk. Kami menggunakan kata
LEBIH lama karena pada dasarnya, tidak ada yang akan bertahan selamanya.
Sudah begitu dari sononya.
Tetapi, menurut analisa kami, bisnis kaos akan tahan lebih lama dibandingkan bisnis lainnya karena beberapa alasan berikut ini;
Pertama, dari segi produk. Menurut statistik, produk
yang paling laris dijual secara online adalah produk fashion. Hampir
72% online shoppers menghabiskan uangnya untuk membeli produk fashion.
Nah, untuk pria, seberapa sering anda membeli kaos secara online,
dibandingkan membeli produk lain seperti kemeja, sepatu, aksesoris dan
lainnya? Dari jawaban anda tentu anda sudah paham, berapa potensi
marketnya.
Kedua, dari segi niche market. Anda tentu
sudah paham, bahwa bisnis online itu sangat luas sekali. Dengan market
yang sangat besar sekali. Dan itu sering membuat orang awam menjadi
kehilangan arah dan bingung sendiri. Mau bisnis apa?
Jawaban dari pertanyaan itu adalah, tentukan market yang mau anda layani, lalu pilih produk untuk market tersebut.
Indonesia sebagai negara muslim, tentu saja market muslimnya paling
banyak. Dengan begitu kita tidak pusing mencari produk apa yang bisa
dijual. Dari alasan pertama dan kedua, maka lahirlah kaos dengan niche
islami sebagai PRODUK UTAMA (core product) kita.
Ketiga, dari segi dominasi & authority. Pernah mendengar teori Blue Ocean Strategy? Intinya adalah, market sebesar apapun, apabila pemainnya sudah banyak, maka akan menjadi market yang saturated (basi/tidak gurih lagi) dah akhirnya menjadi Red Ocean.
Saat ini KaosDakwahIslami.id bekerja sama dengan brand kaos terkenal
seperti AHAD, ELBADR, GO MUSLIM, REPUBLIK IKHWAN , KHALIFAH dan NAML.
Sekarang saja kita sudah punya ratusan desain unik yang tidak ada di
pasaran. (bisa dilihat disini)
Dan alhamdulillah, disaat brand lain yang bermain di market yang sama
mengalami stagnasi atau bahkan penurunan, kami malah mengalami
pertumbuhan yang lumayan signifikan.
Pada akhirnya, kalau anda berpartner dengan penguasa market yang
dominan, bisnis anda juga akan lebih mudah bertumbuh dan berkembang.
Keempat, dari segi inovasi. Ke depannya, kami akan
merilis kerjasama dengan brand-brand kaos lainnya yang mempunyai visi
& misi serupa. Setiap brand yang bergabung dengan kita akan
diseleksi keunikan desain dan kualitasnya. Dengan begitu anda bisa
tenang memasarkan kaos yang selalu update, kualitas tinggi, bahkan
limited edition dengan harga bersaing.
Ngomong-ngomong, anda tahu tidak kapan pertama kali kaos diproduksi
dan dipakai secara masal? Yak.. Kaos oblong dipakai pertama kali oleh
tentara Amerika pada abad ke 19. Dan mulai booming pada tahun
1967. Industri ini sudah bertahan selama 50 tahun lebih!
Kelima, dari segi sistem. Mau tidak mau, suka tidak
suka. Bisnis apapun tidak akan bisa besar tanpa adanya sistem yang
mendukungnya. Sistem inilah yang memungkinkan anda bisa belajar,
beribadah dan berkarya dengan tenang tanpa harus berkutat dengan sales
setiap hari. Kami menggabungkan sistem affiliate, dropshipping dan
funnel marketing yang di desain untuk otomatisasi bisnis anda.
Keenam, dari segi networking. Dan inilah kekuatan
yang sering diremehkan oleh orang lain, yaitu gotong royong. Visi kami
adalah membantu anda meraih penghasilan yang cukup agar anda tidak lagi
disibukkan dengan mencari uang.
Mencari uang itu perlu, namun juga tidak dengan cara membanting
tulang sepanjang hayat. Ada saatnya kita harus berkarya dan
berkontribusi nyata sesuai dengan kapasitas kita sebagai khalifah di
muka bumi ini.
Cita-cita kami, dengan model bisnis networking seperti ini, kita
tetap bisa memperoleh penghasilan, menebar manfaat dengan dakwah, dan
juga punya waktu untuk aktualisasi diri di masyarakat dengan skill,
kemampuan dan passion kita yang telah titipkan oleh Allah. Demi
kehidupan dunia dan akhirat yang lebih baik.
Jadi, adakah hal yang salah dengan model bisnis KaosDakwahIslami.id?
0 komentar :
Posting Komentar